SINGAPUR,

SINGAPUR,

Selasa, 26 Agustus 2008

Potensi Perusahaan Elektronik di Batam










Foto : Kegiatan di Perusahaan Elektronik Batam

Inilah salah satu bentuk kegiatan Pabrik Elektronik di Batam. Pabrik ini menghasilkan barang2 elektronik, baik yang sampai siap pakai, seperti TV,dsb, maupun komponen atau perangkat keras elektronik lainnya. Setiap pabrik mempekerjakan lebih dari 2000 orang karyawan, yang bekerja siang dan malam, non stop 24 jam. Kalau jumlah Pabrik ini lebih dari 200 pabrik saja, maka jumlah tenaga kerja yang terserap, puluhan ribu orang, yang kebanyak tenaga muda, masih ABG dan lebih banyak memakai tenaga wanita sebagai operator.


Peluang bisnis disini adalah catering, menyediakan makan siang atau snack. Kalau punya perusahaan dg modal besar, boleh juga memasok bahan baku untuk produksi pabrik ini.


Atau menyewakan kendaraan untuk operasional Pabrik ini. Yang paling sederhana ada menyediakan jasa antar jeput karyawan yang kebanyakan tinggal dluar lingkungan pabrik.


Jadi Batam itu sangat banyak menjanjikan, peluang bisnisnya terbuka luas, tergantung kita untuk memamfaatkan peluang ini. UMEGA = Usaha MEnambah GAji atau UMEPEN = Usaha MEnambah PENsiun, sangat terbuka luas disini. Tapi kok sebagian kita masih bingung mencari tambahan gaji dan takut menghadapi pensiun baik normal atau pendi, karena takut uang pensiun tidak mencukupi. Memang UMEPEN harus dirintis mulai hari ini, selagi kita masih kuat beridiri, tidak mungkin kalau sudah Pensiun saja baru dimulai mencari, karena segala sesuatu perlu proses dan perlu waktu untuk pembelajaran dan pematangan.


Pohon yang baru ditanam saja tidak langsung berbuah, tapi perlu waktu kita menunggunya, perlu merawat dan memupuknya. Kalau nasib tidak baik, pohon tsb bukannya berbuah, malah layu sebelum berkembang


Oke, semoga bermamfaat dan bisa membuka wawasan bisnis kita. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar: